Minggu, 19 April 2015

RPBK Layanan Informasi

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL
(LAYANAN INFORMASI)

1.      IDENTITAS
A.    Satuan Pendidikan                        : SMP NEGERI 3 SURABAYA
B.     Tahun Ajaran                    : 2014-2015
C.     Sasaran Pelayanan             : Semua kelas VIII
D.    Pelaksana                          : Sindyka Triyandery Agesti
E.     Pihak Terkait                     : Siswa

2.      WAKTU DAN TEMPAT
A.    Tanggal                                         : 10 November 2014
B.     Jam Pembelajaran/pelayanan         : Sesuai Jadwal
C.     Volume Waktu (JP)                      : 2 JP (@80menit)
D.    Spesifikasi Tempat Belajar            : Di kelas masing-masing

3.      MATERI PEMBELAJARAN
A.    Tema/Subtema      : 
1. Tema         : Kehidupan sosialisai dengan teman sebaya
2. Subtema    : Meningkatkan solidaritas antar teman
B. Sumber Materi        : Web atau internet

4.      TUJUAN (ARAH PENGEMBANGAN)
A.    Pengembangan KES (Kegiatan Efektif Sehari-hari)        :
Mengembangkan atau meningkatkan pengetahuan siswa tentang makna dari solidaritas antar teman dan karakter dari setiap individu yang berbeda.
B.     Penanganan KES-T (Kegiatan Efektif Sehari-hari-Terganggu)    :
Menjauhkan siswa dari sikap ketidaktahuan tentang cara untuk bersolidaritas dengan teman sebaya.

5.      METODE DAN TEKNIK
A.    Jenis Layanan                    : Layanan informasi
B.     Kegiatan Pendukung        : Presentasi dilakukan dengan cara dua kali masuk kelas, yaitu :
1.      Pertama : Menyatukan pemahaman dengan siswa tentang arti dari solidaritas
2.      Kedua   : Memberikan pemahaman kepada siswa karakter dari masing-masing individu itu berbeda

6.      SARANA
A.    Kelengkapan Pembelajaran
1.      Power point
2.      LCD

7.      SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
Diperoleh hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A.    KES (Kegiatan Efektif Sehari-hari)
1.      Acuan (A)                   : Hasil analisis yang berkaitan dengan kehidupan sosial dengan teman sebaya
2.      Kompetensi (K)          : Kemampuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang makna dari solidaritas antar teman dan karakter dari setiap individu yang berbeda.
3.      Usaha (U)                    : Usaha untuk meningkatkan kehidupan social dengan teman sebaya.
4.      Rasa (R)                      :           Berperan positif dalam memahami mutu dan masalah-masalah pribadi yang dialami
5.      Sungguh-sungguh (S) :           Kesungguhan dalam kehendak memperbaiki kepribadian yang masih menjadi masalah
B.     KES-T (Kegiatan Efektif Sehari-hari-Terganggu), yaitu terhindarkannya kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu dalam hal :
a.       Ketidakpedulian dalam rendahya mutu kegiatan kepribadian dan masalah-masalahnya
b.      Dampak mutu kepribadian yang rendah dan masalah-masalah pribadi yang dialami
C.     Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah :
Memohon ridho Tuhan untuk suksesnya siswa meningkatkan kegiatan dalam mencapai kepribadian yang baik

8.      LANGKAH KEGIATAN
            Kegiatan aplikasi menggambar pohon berkrakter ini dilaksanakan secara dua kalimasuk kelas. Masuk kelas yang pertama untuk mengadministrasikan menggambar pohon berkarakter. Kegiatan masuk kelas yang ke dua adalah untuk menjelaskan makna-makna pohon berkarakter.

       I.            KEGIATAN HARI PERTAMA

1.      LANGKAH PENGANTARAN
a.       Mengucapkan salam dan mengajak siswa bernyanyi.
b.      Mengecek kehadiran dan mengajak berempati kepada siswa yang tidak hadir.
c.       Mengajak siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh perhatian, semangat, dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak, dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran yang akan dibahas.
d.      Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan judul “Menggambar Pohon Berkarakter”.
e.       Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu dipahaminya mutu belajar masing-masing siswa dan masalah-masalah pribadi dan social yang mereka alami serta penanggulangannya.

2.      LANGKAH PENJAJAKAN
a.       Menanyakan kepada siswa tentang bagaimana mutu belajar dan kegiatan belajar mereka selama ini, serta masalah-masalah pribadi dan sosial yang mereka alami.
b.      Menanyakan kepada siswa tentang apa yang mereka lakukan apabila mengalami masalah pribadi.
c.       Menanyakan kepada siswa apakah telah mengenal menggambar pohon berkarakter.
d.      Memberikan ulasan umum dan penegasan-penegasan berkenaan dengan masukan dari siswa untuk nomor 1, 2, dan 3 di atas.

3.      LANGKAH PENAFSIRAN
a.       Menjelaskan tujuan dan gambaran tentang pohon berkarakter.
b.      Menjelaskan tujuan siswa menggambar pohon.
c.       Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan apa yang ingin ditanyakan.

4.      LANGKAH PEMBINAAN
a.       Memberi tugas kepada siswa untuk menggambar pohon.
b.      Melihat cara-cara siswa menggambar pohon.

    II.            KEGIATAN HARI KEDUA

5.      LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a.       Melihat hasil kerja siswa yaitu menggambar pohon berkarakter
b.      Meminta siswa untuk menukarkan hasil kerjanya dengan teman sebangkunya
c.       Menayangkan makna pohon berkarakter yang sudah digambar siswa melalui slide power point.
d.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya yang ingin ditanyakan.
e.       Menutup kegiatan pembelajaran dan memberikan salam.





      Guru pembimbing                                                           Mahasiswa PPL II

         Suparman, S.Pd.                                                       Sindyka Triyandery Agesti

2 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About