FORMAT
KLASIKAL TERJADWAL
(LAYANAN INFORMASI)
1. IDENTITAS
A. Satuan
Pendidikan : SMP
NEGERI 3 SURABAYA
B. Tahun
Ajaran : 2014-2015
C. Sasaran
Pelayanan : Semua kelas VIII
D. Pelaksana : Sindyka Triyandery
Agesti
E. Pihak
Terkait : Siswa
2. WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal : 10 November
2014
B. Jam
Pembelajaran/pelayanan : Sesuai Jadwal
C. Volume
Waktu (JP) : 2 JP (@80menit)
D. Spesifikasi
Tempat Belajar : Di kelas
masing-masing
3. MATERI
PEMBELAJARAN
A. Tema/Subtema :
1. Tema :
Kehidupan sosialisai
dengan teman sebaya
2. Subtema : Meningkatkan
solidaritas antar teman
B.
Sumber Materi : Web atau internet
4. TUJUAN (ARAH PENGEMBANGAN)
A. Pengembangan
KES (Kegiatan Efektif Sehari-hari) :
Mengembangkan atau
meningkatkan pengetahuan siswa tentang makna dari
solidaritas antar teman dan karakter dari setiap individu yang berbeda.
B. Penanganan
KES-T (Kegiatan Efektif Sehari-hari-Terganggu) :
Menjauhkan
siswa dari sikap ketidaktahuan tentang cara untuk bersolidaritas dengan teman
sebaya.
5. METODE
DAN TEKNIK
A. Jenis
Layanan :
Layanan informasi
B. Kegiatan
Pendukung : Presentasi dilakukan dengan cara dua
kali masuk kelas, yaitu :
1. Pertama
: Menyatukan pemahaman dengan siswa tentang arti dari
solidaritas
2. Kedua : Memberikan pemahaman kepada siswa karakter
dari masing-masing individu itu berbeda
6. SARANA
A. Kelengkapan
Pembelajaran
1. Power point
2. LCD
7. SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
Diperoleh hal-hal baru oleh siswa
terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan,
Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A. KES (Kegiatan Efektif Sehari-hari)
1. Acuan
(A) : Hasil analisis yang berkaitan dengan kehidupan sosial
dengan teman sebaya
2. Kompetensi
(K) : Kemampuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa
tentang makna dari solidaritas antar teman dan karakter dari setiap individu yang
berbeda.
3. Usaha
(U) : Usaha untuk meningkatkan kehidupan social dengan
teman sebaya.
4. Rasa
(R) : Berperan positif dalam memahami mutu
dan masalah-masalah pribadi yang dialami
5. Sungguh-sungguh
(S) : Kesungguhan dalam kehendak
memperbaiki kepribadian yang masih menjadi masalah
B. KES-T
(Kegiatan Efektif Sehari-hari-Terganggu), yaitu
terhindarkannya kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu dalam hal :
a.
Ketidakpedulian dalam
rendahya mutu kegiatan kepribadian dan masalah-masalahnya
b.
Dampak mutu kepribadian
yang rendah dan masalah-masalah pribadi yang dialami
C. Ridho
Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah :
Memohon ridho Tuhan
untuk suksesnya siswa meningkatkan kegiatan dalam mencapai kepribadian yang
baik
8. LANGKAH
KEGIATAN
Kegiatan aplikasi menggambar pohon berkrakter
ini dilaksanakan secara dua
kalimasuk kelas. Masuk kelas yang pertama untuk mengadministrasikan menggambar pohon berkarakter.
Kegiatan masuk kelas yang ke dua adalah untuk menjelaskan makna-makna pohon
berkarakter.
I.
KEGIATAN HARI
PERTAMA
1.
LANGKAH PENGANTARAN
a.
Mengucapkan
salam dan mengajak siswa bernyanyi.
b.
Mengecek
kehadiran dan mengajak berempati kepada siswa yang tidak hadir.
c.
Mengajak siswa
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penuh perhatian, semangat, dan
penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak, dan
bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran yang akan
dibahas.
d.
Menyampaikan
arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan judul “Menggambar Pohon
Berkarakter”.
e.
Menyampaikan
tujuan pembahasan yaitu dipahaminya mutu belajar masing-masing siswa dan
masalah-masalah pribadi dan social yang mereka alami serta penanggulangannya.
2.
LANGKAH
PENJAJAKAN
a.
Menanyakan
kepada siswa tentang bagaimana mutu belajar dan kegiatan belajar mereka selama
ini, serta masalah-masalah pribadi dan sosial yang mereka alami.
b.
Menanyakan
kepada siswa tentang apa yang mereka lakukan apabila mengalami masalah pribadi.
c.
Menanyakan
kepada siswa apakah telah mengenal menggambar pohon berkarakter.
d.
Memberikan
ulasan umum dan penegasan-penegasan berkenaan dengan masukan dari siswa untuk
nomor 1, 2, dan 3 di atas.
3.
LANGKAH
PENAFSIRAN
a.
Menjelaskan
tujuan dan gambaran tentang pohon berkarakter.
b.
Menjelaskan
tujuan siswa menggambar pohon.
c.
Siswa diberi
kesempatan untuk menanyakan apa yang ingin ditanyakan.
4.
LANGKAH
PEMBINAAN
a.
Memberi tugas
kepada siswa untuk menggambar pohon.
b.
Melihat
cara-cara siswa menggambar pohon.
II.
KEGIATAN HARI
KEDUA
5.
LANGKAH
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a.
Melihat hasil
kerja siswa yaitu menggambar pohon berkarakter
b.
Meminta siswa
untuk menukarkan hasil kerjanya dengan teman sebangkunya
c.
Menayangkan
makna pohon berkarakter yang sudah digambar siswa melalui slide power point.
d.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya yang ingin ditanyakan.
e.
Menutup kegiatan
pembelajaran dan memberikan salam.
Guru pembimbing Mahasiswa PPL II
Suparman, S.Pd. Sindyka Triyandery Agesti
kak boleh saya ambil ya buat referensi
BalasHapusiya boleh, semoga bermanfaat
Hapus